Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan, Kapolres Padangsidimpuan: Tidak Kompromi Tehadap Pengacau Pemilu

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Padangsidimpuan AKBP. Dudung Setyawan, SH,SIK,MH menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi bagi siapa saja yang coba-coba melakukan gangguan selama proses pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah Kota Padangsidimpuan.

“Polri tidak akan memberikan toleransi bagi pengacau Pemilu, mengingat pesta Demokrasi 2024 ini merupakan pesta Demokrasi terbesar sepanjang sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karena berlangsung serentak, ” tegas AKBP Dudung Setyawan, SH,SIK,MH, usai memimpin apel Pergeseran Pasukan (Serpas) Pengamanan (PAM) Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan, Senin (12/2/2024).

Kegiatan apel Serpas PAM TPS dihadiri Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, SH, MM, Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf. Amrizal Nasution, Danyon 123/Rajawali Letkol Inf. Emick Chandra Nasution, M.P.M, Waka Polres Padangsidimpuan Kompol Maju Harahap, SH, Ketua KPU Kota Padangsidimpuan Tagor Dumora, para pimpinan OPD se Kota Padangsidimpuan, Pejabat Utama (PJU) dan perwira Polres Padangsidimpuan.

Sementara peserta apel terdiri dari satu Pleton personil Polres Padangsidimpuan, satu Pleton prajurit TNI dari Kodim 0212/Tapsel, satu Pleton prajurit Batalyon 123/Rajawali, satu Pleton pwrsonil Yon C Brimob Poldasu, satu Pleton personil Satpol Pamong Praja dan satu Pleton personil Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padangsidimpuan.

” Untuk menjamin keamanan pada pesta demokrasi tahun 2024 kami menyiagakan ratusan orang personil ditambah personil BKO dari TNI dan Brimobdasu. Personil tersebut akan bertugas hingga waktu yang sudah ditentukan di lokasi penugasan masing-masing, “ lanjutnya

Menurut Kapolres, Pemilu serentak 2024 yang dilaksanakan terdiri dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Legislatif DPR-RI, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten / Kota dan Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) dan keamanan akan tercipta apabila masing-masing masyarakat merasa memiliki tanggungjawab untuk memberikan rasa aman. Tanpa adanya bantuan dan peran serta warga, maka pihak kepolisian akan merasa kesulitan untuk melaksanakan tugas-tugasnya, ” kata dia.

Kapolres juga menyatakan, pihaknya telah siap mengkawal pelaksanaan pesta demokrasi 2024 di Kota Padangsidimpuan agar berjalan dengan aman, lancar dan kondusif selama pelaksanaan hingga penghitungan suara.

“ Kenali wilayah, petakan kerawanan yang mungkin muncul, Koordinasi dengan petugas TPS, jaga kesehatan dan jalani tugas dengan keikhlasan karena tugas besar ini adalah ibadah, ” pesannya.

Kapolres juga mengajak seluruh lapisan masyarakat kususnya di Kota Padangsidimpuan untuk bergandengn tangan dan menciptakan rasa aman di masa-masa menjelang Pemilu ini dengan memulainya dari hal-hal kecil yang ada disekitar kita masing-masing, “ ajak Kapolres.

“ Kepada personil Bhabinkamtimas dan prajurit Babinsa sebagai garda terdepan dan sangat menyentuh dengan masyarakat bawah diharapkan mampu untuk mengatasi segala berita dan informasi menyesatkan (Hoax) dan pihak penyelenggara Pemilu juga harus mampu menunjukkan kinerja yang baik guna mewujudkan cita-cita bangsa untuk memilih pemimpin yang sesuai amanat UU, “ terangnya.

Ia juga meminta kepada peserta apel Serpas PAM TPS Pemilu) 2024 agar selalu menjaga hubungan yang baik sesama masyarakat, berikan yang terbaik untuk masyarakat agar terciptanya Kamtibmas yang baik, sehingga tercipta Pemilu damai untuk Padangsidimpuan maju dan makin MANTAB

“ Saya imbau agar netralitas TNI-Pori tetap terjaga serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan tahun Pemilu dan kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang, untuk selanjutnya dilaksankan upaya pencegahan dan penanganan secara dini, ” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*