Gokil! Uang Pajak Warren Buffett Kalau Ditumpuk Setinggi 33KM

warren buffet. Ist

Investor Terkemuka Warren Buffett baru saja buka-bukaan soal setoran pajaknya yang diserahkan kepada Pemerintah Amerika Serikat sepanjang 2012-2021.

Hal ini ia sampaikan dalam surat tahunannya yang ditujukan kepada para investor Berkshire Hathaway pada Sabtu, (25/2/2023) waktu setempat, Buffett menyebutkan bahwa perusahaannya telah berkontribusi sebesar US$32 miliar (Rp468,6 triliun) dalam bentuk pajak penghasilan. Jumlah tersebut diakumulasi selama 2012-2021.

Nilai setorannya diketahui mencapai sepersepuluh dari 1 persen dari total uang pajak yang dipungut Departemen Keuangan AS sedekade terkahir. Berdasarkan catatan, selama 2012 hingga 2021 Pemerintah AS berhasil memungut pajak senilai U$32,3 triliun.

“Maka seandainya ada sekitar 1.000 wajib pajak di AS yang serupa dengan Berkshire, maka perusahaan lain atau sebanyak 131 juta rumah tangga di AS tidak perlu membayar pajak apapun ke pemerintah,” kata Buffett.

Menariknya, Buffett pun memberikan ilustrasi khusus mengenai pajak yang disetorkan Berkshire selama 10 tahun terakhir tersebut. Dia menyebutkan, apabila uang dolar AS senilai US$1 juta dikonversikan ke pecahan US$100, maka jika ditumpuk tingginya akan mencapai dada orang dewasa.

Warren Buffett Buffett pun kembali mengajak para pembacanya untuk berandai-andai jika seluruh uang setoran pajaknya selama 2012-2021 ke Pemerintah AS ditumpuk ke atas.

“Bayangkan US$32 miliar ditumpuk ke atas. Maka tumpukan itu akan setinggi lebih dari 21 mil, atau sekitar tiga kali lipat ketinggian pesawat komersial terbang di angkasa,” tuturnya.

Asal tahu saja, ketinggian 21 mil itu setara dengan 33 kilometer (KM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*