Mau Gaji Rp1,5 Miliar tapi Minim Stress? Cek 10 Profesi Ini!

INFOGRAFIS, 10 Pekerjaan di RI dengan Gaji Paling Tinggi

Memiliki pekerjaan bergaji tinggi dengan tingkat stres rendah adalah mimpi banyak orang. Kabar baiknya, mimpi itu bisa Anda wujudkan.

Labor Department’s Occupational Information Network, atau O*NET, menyusun daftar hampir 900 pekerjaan dan memberi peringkat berdasarkan tingkat stres namun menawarkan gaji yang tinggi.

Alasan profesi ini minim stress adalah karena pekerjaannya tidak berhubungan langsung dengan kehidupan manusia, tidak berhadapan langsung dengan pelanggan atau klien, dan tidak harus berurusan dengan tenggat waktu yang ketat atau budaya persaingan yang ketat.

Lantas apa sajakah itu? Berikut adalah pekerjaan bergaji lebih dari US$100.000 atau Rp1,5 miliar pertahun dengan tingkat toleransi stres yang relatif rendah, dikutip dari CNBC Make It.

1. Ilmuwan material

Materials scientist atau ilmuwan material mempelajari, meneliti dan melakukan eksperimen terhadap material seperti logam, karet, keramik, dan kaca. Sebagian besar posisi ini memerlukan gelar sekolah pascasarjana seperti gelar mater atau Ph.D dan pengalaman yang panjang di tempat kerja.

Gaji tahunan rata-rata: US$ 100.090

2. Business intelligence analysts

Analis ini bertugas mencatat data bisnis, keuangan dan ekonomi, membuat laporan untuk eksekutif serta pemangku kepentingan, dan merekomendasikan tindakan yang relevan untuk diambil atas nama bisnis. Sebagian besar posisi ini memerlukan gelar sarjana dan beberapa pengalaman untuk dipertimbangkan.

Gaji tahunan rata-rata: US$ 100,910

3. Ahli penginderaan jarak jauh

Para ilmuwan ini menganalisis data yang dikumpulkan oleh pesawat terbang atau satelit, misalnya, untuk memecahkan masalah di bidang-bidang seperti perencanaan kota, keamanan dalam negeri, dan pengelolaan sumber daya alam. Sebagian besar posisi ini membutuhkan sekolah pascasarjana termasuk gelar master yang relevan, Ph.D, atau M.D., serta pengalaman di tempat kerja.

Gaji tahunan rata-rata: US$ 104,100

4. Profesor ekonomi

Profesor ekonomi mengajar mahasiswa pascasarjana atau sarjana mengenai topik seperti teori harga dan ekonomi mikro. Mereka menyiapkan materi pelajaran, memberikan kuliah dan menilai tugas mahasiswa. Banyak dari posisi ini membutuhkan gelar tinggi dan pengalaman yang panjang untuk dipertimbangkan.

Gaji tahunan rata-rata: US$ 104.940

5. Chemical engineer

Profesi ini bertugas mendesain peralatan-peralatan yang akan digunakan di pabrik kimia, serta merancang desain proses produksi untuk membuat bahan dalam industri kimia dan produk. Profesi ini termasuk membuat dan mengevaluasi prosedur yang digunakan untuk memastikan keamanan orang yang bekerja di dekat reaksi kimia.

Gaji tahunan rata-rata: US$ 105,550

6. Ekonom lingkungan

Para ekonom di bidang ini melakukan penelitian tentang topik-topik seperti penggunaan bahan bakar alternatif, menulis artikel akademis tentang prakiraan ekonomi dan menilai biaya dan manfaat dari kebijakan dan peraturan yang mempengaruhi lingkungan. Sebagian besar posisi ini membutuhkan gelar master, Ph.D atau gelar hukum yang relevan, serta pengalaman kerja.

Gaji tahunan rata-rata: US$ 105.630

7. Ahli matematika

Profesi ini bertugas melakukan penelitian matematika dasar atau dalam penerapan teknik matematika untuk sains, manajemen, dan bidang lainnya. Posisi ini sering membutuhkan gelar master yang relevan, Ph.D, atau M.D. dan pengalaman kerja yang relevan.

Gaji tahunan rata-rata: $108.100

8. Redevelopment specialist dan site manager

Spesialis ini merencanakan dan mengawasi pembersihan dan pembangunan kembali lahan yang terkontaminasi. Mereka mengidentifikasi sumber kontaminasi dan mengoordinasikan pembersihan di tempat yang memastikan kepatuhan terhadap hukum dan standar lingkungan. Banyak dari pekerjaan ini membutuhkan gelar sarjana dan pengalaman kerja.

Gaji tahunan rata-rata: US$ 124,650

9. Spesialis sumber air

Spesialis di bidang ini merancang dan membantu mengimplementasikan program yang berkaitan dengan pasokan, kualitas, dan pengaturan air. Sebagian besar dari posisi ini membutuhkan gelar sarjana dan pengalaman di lapangan untuk dipertimbangkan.

Gaji tahunan rata-rata: US$ 137,900

10. Fisikawan

Fisikawan melakukan penelitian tentang fenomena fisik, menganalisis penelitian mereka dan mengevaluasi data, dan mengembangkan teori berdasarkan temuan mereka. Sebagian besar posisi ini membutuhkan gelar sarjana seperti master, Ph.D atau gelar hukum dan pengalaman yang luas di tempat kerja.

Gaji tahunan rata-rata: US$ 152.430

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*