Robert Kiyosaki: 2 Bank Besar Runtuh, Beli Emas Sekarang!

Robert Kiyosaki

Penulis buku Rich Dad Poor Dad Robert Kiyosaki memberikan komentar terhadap bangkrutnya Silicon Valley Bank (SVB) dan Signature Bank (SNY) lewat cuitan di akun pribadinya di Twitter. Seperti biasa, Kiyosaki turut mengajak netizen untuk membeli emas.

“Dua bank besar sudah hancur, bank ketiga tinggal tunggu giliran. Belilah emas, perak, dan koin (krypto) sekarang, jangan beli ETF (exchange traded fund). Ketika bank ketiga hancur, maka harga emas dan perak akan naik. Di 2008, saya sudah meramalkan kehancuran Lehman Brothers sebelum kabar itu ramai diberitakan di CNN, kalau Anda ingin buktinya kunjungi RICH DAD.com,” ujar Kiyosaki di akun Twitternya pada 11 Maret 2023 lalu.

Tingginya suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) menjadi salah satu penyebab runtuhnya SVB. Saat ini, The Fed pun dihadapkan dengan dua pilihan, menaikkan suku bunga untuk meredam inflasi atau menghentikannya karena SVB.

Seperti diketahui, banyak perusahaan startup yang menarik simpanan depositonya di SVB, karena mereka harus menstabilkan kesehatan keuangan perusahaan. Akibatnya, SVB jadi kekurangan modal, dan mereka pun terpaksa menjual obligasi dalam kondisi rugi US$ 1,8 miliar.

Bukan rahasia lagi, keruntuhan SVB juga mengakibatkan koreksi di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), lantas apakah ucapan dari Kiyosaki patut dipertimbangkan? Berikut ulasannya.

Emas hanya cocok untuk jangka panjang

Harga emas memang cenderung naik di saat perekonomian negara mengalami ketidakpastian. Namun ketahuilah bahwasannya instrumen ini hanya cocok untuk jangka panjang, mengingat adanya nilai selisih yang tinggi dari harga jual dan beli.

Ketika perekonomian tumbuh, justru performa aset jenis saham bakal naik. Penurunan harga saham yang terjadi hari ini tentu bisa menjadi peluang besar bagi Anda untuk membeli di harga murah.

Diversifikasi emas dan saham tentunya bisa memberikan Anda keseimbangan dalam imbal hasil investasi baik di saat perekonomian dunia sedang membaik atau sebaliknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*